Minggu, 20 Oktober 2019

MEMAHAMI PERKEMBANGAN OTAK ANAK

Halo,  hari sabtu lalu, 19 Oktober saya menghadiri acara seminar parenting ya diadakan oleh @clozetteid dan @parentingclubid yang berlokasi di NARA Senopati Jakarta Selatan. Seminar parenting ini memuat tema tentang "PERKEMBANGAN OTAK KUNCI KEHEBATAN SI KECIL"



Yang mana terdapat berbagai narasumber yang sangat menguasai bidangnya yaitu dr. Dr. RA. Setyo Handryastuti, SpA(K) - Dokter Spesialis Anak Konsultan, dan Mom Lily dari @parentingclubid yang menjelaskan tentang pentingnya memberikan nutrisi dan stimulasi pada anak. Seminar ini menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat bagi saya khususnya dan bagi semua ibu pada umunya, karena saya sedang mendidik, melatih dan memberikan yang terbaik untuk anak sebagai orangtua. Nah dalam hal ini saya ingin menjelaskan tentang bagaimana sih sebenernya perkembangan otak anak pada usia balita hingga remaja kelak.



Yuk kita bahas satu persatu materi yang saya dapat dari hasil seminar minggu lalu ya, dimulai dari yang pertama adalah :
1. Bagaimana sih sebenernya penbentukan otak pada anak hebat? Pada dasarnya anak hebat memiliki volume lapisan korteks otak yang lebih besar di daerah otak tertentu, dibandingkan dengan daerah otak lain. Nah sekarang pada umur berapa sih sebenernya otak anak mulai berkambang? Otak anak sebenernya mulai berkembang pada usia 0 - 2 tahun yang biasa kita sebut usia golden age, nah pada usia tersebut, perkembangan otak anak sedang berkembang pesat, bisa disamakan kurang lebih setara dengan 80% otak orang dewasa.



Kemampuan latar belakang manusia berada pada posisi ini, penting banget kan moms untuk mengetahui lebih lanjut tentang ini. Oleh karena itu, peran kita sebagai orang tua sangat lah penting, demi tumbuh kembang anak agar anak bisa tumbuh dengan baik. Bukan hanya kita memikirkan bagaimana dia tumbuh saja, namun kita juga harus memperhatikan perkembangan dia supaya anak kita menjadi anak hebat. Otak merupakan satu rangkaian yang mana berkerja dari bagian belakang ke depan. Otak terbagi bagi menjadi beberapa bagian, bagian belakang adalah penglihatan, bagian samping adalah sensoris dan pendengaran, dan bagian tengah adalah sebagai pusat kecerdasan dan pusat memory, sedangkan paling depan adalah pusat perilaku dan mengambil keputusan. Otak anak terdiri dari sel otak (neuron) dan jaringan penghubung antara sel otak (sinaps). Kehebatan anak merupakan salah satu cerminan dari struktur dan aktivitas kerja otaknya. Bagian otak yang paling banyak terlibat dalam pembentukan kehebatan anak adalah lapisan korteks. Lapisan korteks merupakan area abu abu dalam otak. Berikutnya mari kita lihat bagian mana perbedaan otak anak hebat dan anak biasa. - Lapisan korteks otak anak berkemampuan hebat, di masa anak masih relatif tipis, dan di masa remaja semakin menebal.



Lapisan korteks otak pada anak berkemampuan biasa, di masa anak relatif lebih tebal, dan di masa remaja semakin menyusut dan berkurang. Nah sudah jelas kan perbedaannya, sehingga dapat kita simpulkan bahwa otak anak hebat akan semakin maju seiring bertambahnya usia dan mencapai puncak potensinya pada masa remaja. Sebaliknya otak pada anak biasa akan semakin menurun dengan bertambahnya usia.
2. Ketika anak belajar, apa yang terjadi di dalam otaknya? Sebelum anak belajar, ruang otak anak masih dalam tahap terbatas dan pada saat anak belajar, ruang otak akan bertambah semakin banyak dan luas. Sirkuit otak untuk kemampuan dasar yang akan terbentuk terlebih dahulu dan sirkuit otak untuk kemampuan lanjutan akan lebih rumit untuk terbentuk.



3. Bagaimana cara mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak? Caranya adalah dengan cara memberi nutrisi dan stimulasi pada anak. Nutrisi merupakan protein dan energi yang membuat pembentukan koneksi antar sel otak. Zat besi adalah pentukan dan fungsi kerja sel otak. Zat seng adalah produksi molekul kimiawi yang mempercepat aliran persafaran. Tembaga adalah pembentukan dan fungsi kerja sel otak. Nutrisi bertujuan untuk membentuk dan mematangkan sel-sel otak, sedangkan stimulasi membentuk dan memperkaya jaringan koneksi antar sel otak. Nutrisi dan stimulasi sangatlah penting untuk anak hebat.




4. Bagaimana cara menilai anak hebat dari hasil belajar? Kita sebenernya tidak boleh membandingkan anak kita dengan anak lain yang seusia, karena setiap anak mempunyai kemampuan yang berbeda beda , dan tidak bisa disamakan. Kesimpulan dari bagaimana cara menilai anak hebat dari hasil belajarnya adalah dengan cara memberitahu terlebih dahulu pada anak mana yang baik dan mana yang buruk, dan jangan pernah untuk menuduh anak kita, supaya anak juga tidak merasa takut sama kita. Kemudian kita harus bersabar, karena pada saat inilah kita harus membimbing anak kita untuk menjadi anak yang hebat, semua butuh proses dan fase untuk anak kita. Sekarang kita udah gak perlu repot lagi untuk mengetahui siklus perkembangan anak kita, karena @parentingclubid sudah menyediakan situs yang berbasis tumbuh kembang anak secara lengkap dan menyeluruh dengan cara klik www.parentingclub.co.id sehingga kita dapat mengetahui tentang si kecil lebih lanjut.




Nah itu tadi sebagian adalah rangkuman dari acara kemarin, semoga dengan saya buatnya rangkuman parenting ini, bisa menambah wawasan para moms untuk membimbing putera dan puteri mereka ya, dan sampai jumpa lagi di acara selanjutnya ya moms dan mendapatkan kesempatan lagi untuk ikut parenting bersama @clozetteid dan @parentingclubid yaa, amin.

#KehebatanSiKecil #ParentingClubIDXClozetteID #ParentingClubID

Minggu, 28 April 2019

TEMPAT MINUN ANDIEN PHILIPS AVENT

Hy ibu andien mau cerita sedikit tentang botol minum andien, yang selalu di bawa kemana2 saat andein berpergihan. Nahh botol minum yang di pake sama Andien yaitu Philips Avent ini Super kece banget dan pastinya tahan banting.


Jadi botol minum andien ini dah lama banget andien pake dah setahun lebih nemenin andien. Botolnya sesuai sama ukuran nya andien jadi mudah buat di pengan2 andien. Saat andien mau minum andien langsung saja buka tutupnya yang tinggal geser aja jadi mudah buat andien, kalo mau minum tinggal sedot aja Dan tempat minum ini tiada hari tanpa kena lempar dan di banting sama andien, sehari aja bisa belasan kali dilemparnya dengan suara botol jatuh yg dramatis ibu pusing liatnya tapi botol tetap aman tidak pecah.




Nah ibu mau Review produk ini karna sampe detik ini alhamdulillah botolnya masih selamat sentosa. Model botol dan warna botol membuat andien tertarik buat minum dari bolot minum Philips Avent. Bahannya yang tebal dan kuat jadi kalo di banting lempar tetep gak akan pecah, model tutup yang mudah di buka2 jadi kalo mau minum andien bisa buka dan tutup sendiri, mau di bolak balik air gak akan tumpah dari botol minum Philips Avent, sedotan nya sangat lembut, dan perkuensi air yang keluar sesuai dengan hisapan andien, jadi gak bakalan tersedak saat minum.


Untuk mencuci nya pun sangat mudah tinggal di buka dan sedotan2nya bisa di buka juga jadi mudah untuk membersihkannya. Botol minum Philips Avent yang sangat cocok untuk anak2 tahan banting dan sangat awet. Pokoknya moms semuah harus beli botol minum Philips Avent yaaa.

Jumat, 19 Oktober 2018

Keluarga Tempat Bersandar

Kita semua punya keluarga. Dilahirkan dalam sebuah keluarga dengan ayah dan bunda yang menyayangi kita sepenuhnya. Bersama orangtua ini kita diajarkan untuk mengenal dunia ini. Dalam keluarga ini kita mendapatkan senyuman, semangat, dan dukungan.

Keluarga adalah tempat cinta kasih dan kasih sayang diajarkan. Tanpa pamrih, orangtua kita mengajarkan tentang cinta sejati. Memberi tanpa pernah berharap balas.

Keluarga merupakan tempat kita belajar untuk menghormati yang lebih tua. Tempat yang tua mengasihi yang muda. Yang tua membimbing yang muda dan mendidik kita agar siap untuk melangkah di muka bumi ini.

Orang tua merupakan tempat pembelajaran dan prinsip-prinsip hidup diajarkan. Kita diajarkan untuk jujur, untuk bersikap mandiri, untuk bersikap disiplin, untuk bersikap welas asih, dan banyak lagi sifat-sifat terpuji lainnya.

Dengan saudara kandung kadang kita bertengkar, kadang berbeda pendapat, kadang bercengkrama, kadang bersenda-gurau dan melakukan banyak kegiatan bersama.

Keluarga adalah tempat berbagi kebahagiaan, tempat kita bisa saling dukung, tempat kita saling melengkapi kekurangan satu sama lain. Kebersamaan dan rasa cinta tanpa pamrih merupakan pondasi cinta dalam keluarga.

Walau terkadang ada perselisihan, tapi itu tidak membuat kita lupa bahwa kita adalah satu keluarga. Mengarungi hidup bersama, melewati tantangan dan meraih keberhasilan bersama.

Seperti itulah makna keluarga. Banyak memang definisi yang bisa dihadirkan oleh tiap orang. Tapi muaranya satu. Keluarga adalah tempat bersemayamnya nilai-nilai kebajikan yang kemudian diinternalisasi ke dalam kehidupan setiap anggotanya. Nilai kebaikan, kebersamaan, penghormatan menjadi nilai yang dijunjung dan selalu kita upayakan jaga bersama.

Keluarga adalah segalanya. Bahkan meski kita telah sesukses apapun, kita akan selalu berpulang pada keluarga. Kelaurga yang telah membesarkan kita; keluarga yang telah menemani hari-hari kita sampai sekarang; keluarga yang terus mendukung setiap jejak langkah kita agar terus maju.