MEMAHAMI PERKEMBANGAN OTAK ANAK

Halo,  hari sabtu lalu, 19 Oktober saya menghadiri acara seminar parenting ya diadakan oleh @clozetteid dan @parentingclubid yang berlokasi di NARA Senopati Jakarta Selatan. Seminar parenting ini memuat tema tentang "PERKEMBANGAN OTAK KUNCI KEHEBATAN SI KECIL"



Yang mana terdapat berbagai narasumber yang sangat menguasai bidangnya yaitu dr. Dr. RA. Setyo Handryastuti, SpA(K) - Dokter Spesialis Anak Konsultan, dan Mom Lily dari @parentingclubid yang menjelaskan tentang pentingnya memberikan nutrisi dan stimulasi pada anak. Seminar ini menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat bagi saya khususnya dan bagi semua ibu pada umunya, karena saya sedang mendidik, melatih dan memberikan yang terbaik untuk anak sebagai orangtua. Nah dalam hal ini saya ingin menjelaskan tentang bagaimana sih sebenernya perkembangan otak anak pada usia balita hingga remaja kelak.



Yuk kita bahas satu persatu materi yang saya dapat dari hasil seminar minggu lalu ya, dimulai dari yang pertama adalah :
1. Bagaimana sih sebenernya penbentukan otak pada anak hebat? Pada dasarnya anak hebat memiliki volume lapisan korteks otak yang lebih besar di daerah otak tertentu, dibandingkan dengan daerah otak lain. Nah sekarang pada umur berapa sih sebenernya otak anak mulai berkambang? Otak anak sebenernya mulai berkembang pada usia 0 - 2 tahun yang biasa kita sebut usia golden age, nah pada usia tersebut, perkembangan otak anak sedang berkembang pesat, bisa disamakan kurang lebih setara dengan 80% otak orang dewasa.



Kemampuan latar belakang manusia berada pada posisi ini, penting banget kan moms untuk mengetahui lebih lanjut tentang ini. Oleh karena itu, peran kita sebagai orang tua sangat lah penting, demi tumbuh kembang anak agar anak bisa tumbuh dengan baik. Bukan hanya kita memikirkan bagaimana dia tumbuh saja, namun kita juga harus memperhatikan perkembangan dia supaya anak kita menjadi anak hebat. Otak merupakan satu rangkaian yang mana berkerja dari bagian belakang ke depan. Otak terbagi bagi menjadi beberapa bagian, bagian belakang adalah penglihatan, bagian samping adalah sensoris dan pendengaran, dan bagian tengah adalah sebagai pusat kecerdasan dan pusat memory, sedangkan paling depan adalah pusat perilaku dan mengambil keputusan. Otak anak terdiri dari sel otak (neuron) dan jaringan penghubung antara sel otak (sinaps). Kehebatan anak merupakan salah satu cerminan dari struktur dan aktivitas kerja otaknya. Bagian otak yang paling banyak terlibat dalam pembentukan kehebatan anak adalah lapisan korteks. Lapisan korteks merupakan area abu abu dalam otak. Berikutnya mari kita lihat bagian mana perbedaan otak anak hebat dan anak biasa. - Lapisan korteks otak anak berkemampuan hebat, di masa anak masih relatif tipis, dan di masa remaja semakin menebal.



Lapisan korteks otak pada anak berkemampuan biasa, di masa anak relatif lebih tebal, dan di masa remaja semakin menyusut dan berkurang. Nah sudah jelas kan perbedaannya, sehingga dapat kita simpulkan bahwa otak anak hebat akan semakin maju seiring bertambahnya usia dan mencapai puncak potensinya pada masa remaja. Sebaliknya otak pada anak biasa akan semakin menurun dengan bertambahnya usia.
2. Ketika anak belajar, apa yang terjadi di dalam otaknya? Sebelum anak belajar, ruang otak anak masih dalam tahap terbatas dan pada saat anak belajar, ruang otak akan bertambah semakin banyak dan luas. Sirkuit otak untuk kemampuan dasar yang akan terbentuk terlebih dahulu dan sirkuit otak untuk kemampuan lanjutan akan lebih rumit untuk terbentuk.



3. Bagaimana cara mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak? Caranya adalah dengan cara memberi nutrisi dan stimulasi pada anak. Nutrisi merupakan protein dan energi yang membuat pembentukan koneksi antar sel otak. Zat besi adalah pentukan dan fungsi kerja sel otak. Zat seng adalah produksi molekul kimiawi yang mempercepat aliran persafaran. Tembaga adalah pembentukan dan fungsi kerja sel otak. Nutrisi bertujuan untuk membentuk dan mematangkan sel-sel otak, sedangkan stimulasi membentuk dan memperkaya jaringan koneksi antar sel otak. Nutrisi dan stimulasi sangatlah penting untuk anak hebat.




4. Bagaimana cara menilai anak hebat dari hasil belajar? Kita sebenernya tidak boleh membandingkan anak kita dengan anak lain yang seusia, karena setiap anak mempunyai kemampuan yang berbeda beda , dan tidak bisa disamakan. Kesimpulan dari bagaimana cara menilai anak hebat dari hasil belajarnya adalah dengan cara memberitahu terlebih dahulu pada anak mana yang baik dan mana yang buruk, dan jangan pernah untuk menuduh anak kita, supaya anak juga tidak merasa takut sama kita. Kemudian kita harus bersabar, karena pada saat inilah kita harus membimbing anak kita untuk menjadi anak yang hebat, semua butuh proses dan fase untuk anak kita. Sekarang kita udah gak perlu repot lagi untuk mengetahui siklus perkembangan anak kita, karena @parentingclubid sudah menyediakan situs yang berbasis tumbuh kembang anak secara lengkap dan menyeluruh dengan cara klik www.parentingclub.co.id sehingga kita dapat mengetahui tentang si kecil lebih lanjut.




Nah itu tadi sebagian adalah rangkuman dari acara kemarin, semoga dengan saya buatnya rangkuman parenting ini, bisa menambah wawasan para moms untuk membimbing putera dan puteri mereka ya, dan sampai jumpa lagi di acara selanjutnya ya moms dan mendapatkan kesempatan lagi untuk ikut parenting bersama @clozetteid dan @parentingclubid yaa, amin.

#KehebatanSiKecil #ParentingClubIDXClozetteID #ParentingClubID

Komentar

  1. mksh infonya mb bermanfaat bngt

    BalasHapus
  2. Bener banget mbak, setiap anak berbeda maka dari itu sebagai orang tua kita tidak boleh menyala ratakan kepintaran si kecil ya mbak

    BalasHapus
  3. Bener nih setiap anak pun berbeda ya kepandaian nya, thankyou mba info nya

    BalasHapus
  4. Wah terima kasih mba infonya.. Bermanfaat banget nih buat aq..

    BalasHapus
  5. Memang Nutrisi Dan stimulus Faktor penting Untuk mengoptimalkan pertumbuhan otak Di usia emasnya.

    BalasHapus
  6. Kesabaran memang salah satu kunci utama, ya, Mom.... anak juga akan berlatih kesabaran dari contoh langsung yang kita tunjukkan kepadanya.

    BalasHapus
  7. bener banget..banyak belajar juga dr anak yaaa moms

    BalasHapus
  8. Nutrisi dan simulasi memang sangat penting yah untuk tumbuh kembang anak 🤗🤗

    BalasHapus
  9. Memang Nutrisi Dan stimulus Faktor penting Untuk mengoptimalkan pertumbuhan otak anak

    BalasHapus
  10. Sebagai orangtua memang wajib memberikan Nutrisi terbaik untuk anak2nya tapi diimbangi dengan stimulasi yang baik agar tumbuh kembang anak semakin hebat..

    BalasHapus
  11. Penting banget asupan nutrisi untuk si kecil yach mom, demi tumbuh kembangnya

    BalasHapus
  12. Thanks infonya sangt bermnfaat

    BalasHapus
  13. Nutrisi emang sangat penting ya mbak, untuk tumbuh dan kembang anak. Selain nutrisi, pola asuh kuga perlu diperhatikan, dan anak anak punya karakter yang berbeda satu sama.lain, makanya cara mendidiknya gak bisa disamain.

    BalasHapus
  14. Orangtua adalah sekolah pertama bagi anak, apalagi ibu. Memang penting banget seorang ibu bisa tau gimana cara mendidik anaknya. Nutrisi sih penting yang tentunya harus dibarengi sama cara mendidik yang benar :D

    BalasHapus
  15. Memang anak anak secara psikologis maupun fisik itu masih seperti spons yg dapat menyerap apa saja

    BalasHapus
  16. makasih catatannya. semoga acara2 serupa makin melengkapi pengetahuan para orang tua.

    BalasHapus
  17. Pada usia Golden Age ini, kedua orang tuanya harus hadir dan berperan dalam menstimulasi perkembangannya, baik fisik maupun psikologisnya

    BalasHapus
  18. Intinya untuk membentuk anak hebat perlu adanya keseimbangan nutrisi buat support gizinya dan juga stimulasi buat booster tumbuh kembang nya ya mba...

    BalasHapus
  19. Balik lagi ke stimulasi ya mba miskah. Stimulasi dari makanan dan juga dari peran orang sekitar. Saya suka banget hadir di acara seperti ini, membuat wawasan semakin luas tentang perkembangan anak.

    BalasHapus
  20. Saya pernah membaca juga, kalau sebenarnya masa tubuh anak itu mulai dari masa kehamilan ya, Mbak. Jadi bukan pas sudah lahir saja. Dan masa tumbuh kembang anak ini adalah masa penting dalam hidup seorang anak, karena di masa-masa inilah semuanya berproses untuk tahap kehidupan selanjutnya.

    Bagus sekali acaranya, Mbak Miskah. Semakin banyak ibu-ibu tahu soal ini, semakin banyak anak yang tumbuh kembang dengan baik.

    BalasHapus
  21. Thanks for sharing mb, Masa 0-2 tahun yang disebut dengan mas golden age memang waktu dimana otak sedang sangat berkembang.Ini moment yang paling pas untuk menstimulus semua hal yang baik

    BalasHapus
  22. Nuteisi dan simulasi

    Dua hal yg tidak dapat dipisahkan agar perkemvangan otak anak maksimal ya mba..

    Trmksh sharingnya.
    Bermanfaat...

    BalasHapus
  23. Anak2 dalam masa pertumbuhan memang mesti banyak stimulasi diberikan, apalagi otak anak yang sangat rentan bagi perkembangan pertumbuhannya.

    BalasHapus
  24. Saya udah tobat membanding-bandingkan anak dengan teman susianya. Dulu sering banget hingga akhirnya sadar bahwa setiap anak itu unik dan berbeda. Makasih sharingnya mbak

    BalasHapus
  25. Berati emang benar ya kalau otaknya besar berati anak pintar hiihihi
    Setelah tadi dari mbak dona zat besi penting untuk pertumbuhan, disini belajar mengenai menstimulasi otak,
    Mantulll

    BalasHapus
  26. Asik ini sesi lanjutan dari fungsi zat besi dalam pertumbuhan anak yak.Bener banget ternyata banyak faktor yang menentukan perkembangan kecerdasan anak.Jangan sampe kita merusak mental anak dengan membanding - bandingkanya dengan anak lain

    BalasHapus
  27. Manteb nih tulisan parentingnya mbak. Memang sebagai orang tua itu gak ada sekolahnya tapi menghadiri seminar kyk gini bisa memperkaya wawasan sekaligus evaluasi gaya parenting kita ya.
    Saya setuju sekali di poin gak boleh banding2in anak, namun sebaiknya dukung dan arahkan anak supaya menemukan passionnya tanpa harus mengkerdilkan anak (orang) lain.

    BalasHapus
  28. Bagus nih mbak acaranya. Saya seneng banget ikut2 acara parenting. Banyak hal pelajaran yg bisa dipetik. Memberikan simulasi dan nutrisi menjadi bagian penting yg mesti terpenuhi

    BalasHapus
  29. Emang penting banget sih ini mbak, kita sebagai Orangtua mengerti dan memahami mengenai perkembangan otak ini ya mbak .Terimakasih ulasannya

    BalasHapus
  30. Setelah jadi emak-emak saya jadi seneng liat-liat artikel parenting, hehe
    sadar bahwa ilmu parenting dikit bgt,
    makasih sharingnya mbak, walau gak ikut acara parentingnya, tapi jadi tau apa aja materi yang dishare hehe

    BalasHapus
  31. Saya tidak pernah menyesal sarjana tp jadi ibu rumah tangga. Karena ibu adalah sekolah pertama anak anaknya ☺️

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mempersiapkan Kebutuhan Si Kecil Sejak Lahir

Cara Tepat Memilih Pelembut Pakaian Keluarga

Pentingnya Multivitamin Untuk Anak