Solusi Sembuhkan Luka Dengan Benar dan Tepat

       Hai moms, perkenalkan saya Miskah, saya seorang ibu rumah tangga yang pada saat ini sedang sibuk untuk mengurus suami dan buah hati saya yang saat ini telah berusia 3 tahun. 
Pada Hari Rabu, 11 Maret 2020 kemarin, saya telah mengikuti event “Hansaplast X Halodoc” dengan tema #GakPakePerih.

      Acara tersebut diselenggarakan di Eighty Nine Jalan Kemang Raya No. 89, Jakarta, dengan tema “Wound Care Talk” yang turut mengundang “Blogger Gathering”. Acara ini merupakan acara yang sangat bermanfaat bagi saya pribadi, sekaligus dapat menambah wawasan saya tentang seberapa dalam saya memahami tentang luka pada kulit yang sering kita alami. 


* Foto bersama produk hansaplast di event Hansaplast X Halodoc


      Selain itu pada acara ini sangat menambah edukasi saya tentang bagaimana cara merawat luka pada kulit secara efektif dan gak pake perih.

    Selain itu, acar ini juga mengadakan sesi tanya jawab bersama dr. Adisaputra Ramadinara, dan Pouch Painting Workshop bersama Aliefya.


* Foto anak ketika mengikuti  Pouch Painting Workshop bersama Aliefya 

       Setelah saya mengikuti acara ini dari awal hingga akhir, saya baru sadar ternyata saya kurang memahami secara detail apa itu luka, dan bagaimana cara mengatasinya dengan benar. Dalam kesempatan ini, saya ingin berbagi pengalaman saya setelah mengikuti acara yang super bermanfaat ini yang disponsori oleh “Hansaplast X Halodoc”.


* Foto bersama rangkaian produk Hansaplast

      Acara ini dihadiri oleh narasumber yang sangat berpengalaman dan sangat kompeten dalam bidang kesehatan, khususnya luka yaitu dr. Adisaputra, ia adalah dokter spesialis luka, dan ada bintang tamu yang saat sekarang ini sebagai beauty influencer dan seorang Ibu dari 2 putri, Tyna Kanna Mirdad selaku bintang tamu yang turut mengisi acara tersebut, dan yang pastinya ada Tessa selaku Perwakilan dari Junior Brand Manager Hansaplast, yang turut mengisi acara ini.   


* Foto para narasumber yang mengisi acara

      Tema dalam acara ini secara umum adalah membahas tentang bagaimana dan langkah pertama dalam mengatasi luka pada kulit, agar tidak terjadi infeksi pada kulit, dan dapat sembuh secara efektif dan cepat. 

Menurut dr. Adisaputra Ramadinara, menerangkan fakta tentang luka bahwa :
1. Obat merah tidak menyembuhkan luka
2. Rasa perih / menyengat tidak berhubungan dengan efektifitas penyembuhan luka
3. Iodine dan alkohol dapat membuat kulit kering, memperlambat proses epitelisasi
4. Obat merah dapat mencegah bakteri, tapi bukan pembersih luka

     Selain itu dr. Adisaputra Ramadinara juga menambahkan bagaimana proses penyembuhan luka yang benar adalah sebagai berikut:
1. Bersihkan secara fisik dan biologis
2. Tutup luka dengan plester
3. Bersihkan luka setiap mengganti plester 

     Mengurus suami dan buah hati merupakan hal yang menyenangkan, sekaligus pengalaman pertama saya. Sebagai ibu rumah tangga, saya tidak lepas dari masalah kecil yang dapat mengakibatkan luka pada kulit. Suatu misal pada saat saya memasak di dapur, yang namanya memasak pasti tidak lepas dari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya, terkena pisau dapur pada saat mengiris bawang atau bahan makanan lainnya. 
  
     Suatu ketika, saya sedang memasak di dapur dengan menggunakan pisau dapur, tanpa sengaja jari tangan saya terkena pisau dapur dan langsung berdarah, hal itu terjadi ketika saya sedang mengiris bawang merah. 

     Pada saat itu hal pertama yang saya lakukan adalah membersihkan luka dengan menggunakan “Hansaplast Spray Antiseptik” dari Hansaplast agar kita tidak terkena infeksi. Lalu yang kedua adalah dengan cara melindungi luka dengan plester “Hansaplast Aqua Protect”  yang terbuat dari bahan kedap air. Kemudian yang ketiga/terakhir, dengan cara menggunakan Produk “Hansaplast Wound Care Ointment”.

Sekarang telah hadir Hansaplast 123 Pack dengan pola BERSIHKAN, LINDUNGI SEMBUHKAN.  
 * Cara 1
   Mengapa Harus Membersihkan Luka Dengan Hansaplast Spray Antiseptik?

  PHMB atau PolyHexanide / PolyHexaMethylene Biguanide (PHMB) merupakan kandungan antiseptik yang ada di Hansaplast Spray Antiseptik sangat direkomendasikan sebagai penanganan pertama yang tepat ketika terluka. Karena PHMB mengandung anti mikroba, tidak menyebabkan alergi, gak pake perih, gak berwarna, dan gak berbau.
  PHMB saat ini menjadi Standar Medis Internasional  berdasarkan konsensus Internasional A. Karmer et al. An Assessment of the evidence on antiseptics : a consensus on wound antiseptics 2018.   
  Membersihkan luka mempunyai kegunaan/manfaat yang sangat baik antara lain dapat membantu mencegah infeksi pada kulit, karena “Hansaplast Spray Antiseptik” mengandung bahan cairan antiseptik pembersih luka, dengan bahan aktif PolyHexanide / PolyHexaMethylene Biguanide (PHMB) yang berfungsi untuk membantu mencegah dan mengatasi infeksi.      

Caranya penggunaannya adalah:

* Dengan cara menyemprotkan “Hansaplast Spray Antiseptik” dengan jarak kurang lebih 10 cm ke seluruh area luka pada kulit.
* Ulangi apabila dibutuhkan, kemudian secara perlahan keringkan.

   Keunggulan dari “Hansaplast Spray Antiseptik” adalah 
* PAIN FREE – “cegah infeksi, gak pake perih”
* TIDAK BERWARNA & TIDAK BERBAU – Nyaman digunakan untuk gaya hidup yang modern dan aktif
* AMAN DIGUNAKAN – Tolerabilitas lebih tinggi, efek samping lebih sedikit dibandingkan dengan zat antiseptik lain
* Bahan Aktif : 0,1% Decyl Glucoside Tenside dan 0,04% Polyhexanide (PHMB) dalam Larutan Ringer.  


* Foto sedang menyemprotkan “Hansaplast Spray Antiseptik”

* Cara 2
Mengapa Harus Melindungi Luka?
     Pada dasarnya luka harus dilindungi, dalam hal ini luka harus ditutup, dan jangan sampai terkena debu, angin, atau bakteri lainnya, maka dari itu luka seharusnya ditutup dengan menggunakan plester yang terbuat dari bahan kedap air, “Hansaplast Aqua Protect” adalah produk yang sangat cocok dan efektif untuk melindungi luka pada waktu mandi, berenang, dan mencuci.

   Manfaat melindungi luka dengan menggunakan “Hansaplast Aqua Protect” adalah sebagai berikut :
* Mencegah kontaminasi dari lingkungan
* Menyerap kotoran luka dan darah
* Memberi bantalan perlindungan terhadap pengaruh eksternal dan kuman
* Mendukung penyembuhan luka

Mengapa Harus Menggunakan Produk Hansaplast?
* Karena terbuat dari bahan yang breathable untuk membantu proses penyembuhan luka
* Bantalan luka dengan kualitas tinggi


* Foto Hansaplast Plester Aqua Protect

* Cara 3
   Penyembuhan luka dengan Wound Care Ointment 

  Selain cara diatas dalam mengatasi luka dengan benar dan efektif, maka terdapat juga cara lain untuk menyembuhkan luka, yaitu dengan cara mengoleskan salep penutup luka “Hansaplast Wound Care Ointment”, salep ini adalah salep penutup luka yang berfungsi untuk perawatan luka pada kulit, dan membantu proses penyembuhan luka hingga 2x lebih cepat*, dan membantu mengurangi risiko luka membekas**.

   Kegunaan /manfaat dari “Hansaplast Wound Care Ointment” :
* Menyembuhkan luka hingga 2x lebih cepat*
* Mengurangi risiko luka membekas**
* Dapat digunakan pada luka bakar minor dan sunburn
* Aman digunakan pada bayi (ruam popok), anak-anak, dan kulit sensitif
*dibandingkan dengan luka yang tidak dirawat
**untuk luka baru    


   Cara Penggunaan dari “Hansaplast Wound Care Ointment”:
* Gunakan secara teratur hingga luka anda sembuh total. Salep ini dapat dipergunakan pada luka           terbuka berukuran kecil di tahap penyembuhan manapun
* Jika perlu, luka dapat dilapisi dengan plester Hansaplast
* Pastikan ujung tube salep tidak bersentuhan dengan luka
   
   Keunggulan dari “Hansaplast Wound Care Ointment”: 
* PAIN FREE – Bantu sembuhkan luka gak pake perih
* TIDAK BERWARNA DAN TIDAK BERBAU – tidak menggunakan pewangi, pewarna, pengawet,  dan substansi yang berasal dari hewan (vegan)
* Nyaman digunakan untuk gaya hidup yang modern dan aktif 
* AMAN DIGUNAKAN – Tolerabilitas lebih tinggi dalam mendukung penyembuhan luka
* Komposisi : White Petrolatum, Thin Paraffin oil, Ceresin Wax. Glycerin, Panthenol, Glyceryl, Stearate.

* Foto Penggunaan Hansaplast Wound Care Ointment

     Nah, sudah jelas ya bagaimana cara kita agar terhindar dari infeksi akibat luka pada kulit, dan cara yang tepat dalam menangani luka, oleh karena itu ayo kita mulai menggunakan cara dan produk yang tepat dalam mengatasi luka pada kulit dengan menggunakan produk dari Hansaplast. Produk perawatan luka ini bisa dibeli dengan mudah melalui aplikasi Halodoc. Dalam waktu 1 jam, produk sudah diantar di rumah kita masing-masing. 

  Pesan dari tema acara ini adalah Prioritas dalam merawat luka adalah kebersihan dan perlindungan yang selalu terjaga, itulah sebabnya setelah dibersihkan, plester harus selalu ditempelkan di daerah yang terluka. Sehingga kotoran dan bakteri tidak dapat menimbulkan infeksi dan tetap membuat kulit dapat bernapas. (dr. Adisaputra Ramadhinara).

* Foto bersama seusai acara Hansaplast X Halodoc #GakPakePerih


Komentar

  1. Wahh keren ya Hansaplast :) gak pake perih ya

    BalasHapus
  2. Mam yang wound care ointment itu baru ya.. khusus karena jatuh atau bisa luka kena pisau gitu mom.

    BalasHapus
  3. Aku di rumah juga pakai ini mom, emang ampuh banget, jadi gak khawatir kalau si kecil kena luka.

    BalasHapus
  4. Hansaplast emang selalu ber inovasi ya buat keluarga Indonesia, trmksh info nya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. Halo juga Mba. Salam kenal ya 😍. Ngomong-ngomong acaranha mengedukasi sekali mba. Kita jadi tahu ya bagaimana seharusnya proses pengobatan pada luka itu. Jadi nggak kebawa mitos deh

    BalasHapus
  6. Aku di rumah juga punya hansaplast wound care ointment mba..
    Sebelumnya di spray dulu pake hansaplast spray

    BalasHapus
  7. Hansaplast spray ini praktis, ya. Anak-anak pasti suka pakai ini. Soalnya kalau luka dan diobatin ada rasa perih, anakku suka agak rewel

    BalasHapus
  8. Komplit ya wound care nya hansaplast, sepertinya wajib punya ya sebagai p3k kita dimanapun. Untuk harganya terjangkau ya ?

    BalasHapus
  9. Obat merah dapat mencegah bakteri, tapi bukan pembersih luka. Nah, poin ini nih yang saya juga ternyata salah kaprah. Seru sekali bisa menghadiri event Hansaplast bersamaHalodoc dan pulang dengan pengetahuan mendasar seperti ini. Terima kasih banyak atas sharing-nya ya Mba.

    BalasHapus
  10. Wah Aku selalu sedia ini nih Mom secara anakku lagi aktif aktifnya plus buat persiapan emaknya masak juga hehe

    BalasHapus
  11. Aku ada Hansaplast spray di rumah mba. Nggak perih banget pakai pakainya. Dan bisa mengatasi luka

    BalasHapus
  12. Hansaplast wajib ada nih di rumah, apalagi anakku aktif banget, bahkan kemana-mana aku bawa biar ngak repot lagi kalau jatuh atau mengalami sesuatu...hihihi, memang repot yah jadi emak apalagi kalau anaknya banyak hahaha.

    BalasHapus
  13. Dari kecil klo urusan sembugkan luka ya pakainya hansaplast..
    Dan sekarang produk perawatan luka hansaplast makin lengkap ya

    BalasHapus
  14. Banyak yang tahu cara rawat luka tapi ga semua tahu yang benar. Anyway aku orangnya rada takutan liat darah mbak. Gimana yak.. huhu...

    BalasHapus
  15. Sekarang memang udah bukan jamannya lagi pake obat merah untuk mengobati luka. Entah kenapa jaman dulu koq bisa laris manis ya hahaha... Anak saya kalo terluka justru saya olesi semacam salep gitu, seperti Hansaplast ini. Ternyata malah cepat menutup dan cepat sembuh.

    BalasHapus
  16. Anakku klo main jatuh terus berdarah sedikit lebay banget, drakor juga lewat tapi sekarang gak lagi soalnya pakai hansaplast spray gak pake perih 👍

    BalasHapus
  17. Dengan penanganan luka yang tepat maka proses penyembuhan juga makin cepat ya mbak

    BalasHapus
  18. Jadi kalau pakai spray kita ga usah bila luka dengan air dulu ya mbak?

    BalasHapus
  19. Sama nih, saya jg pakai hansaplast spray mbak. Gak bikin perih dan jg praktis buat dibawa kemana2. Selalu sedia kl.saya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mempersiapkan Kebutuhan Si Kecil Sejak Lahir

Cara Tepat Memilih Pelembut Pakaian Keluarga

Pentingnya Multivitamin Untuk Anak