Solusi Moms Shaming Bersama Sleek Baby Campaign

Teruntuk para ibu yang sedang berjuang dalam mengasuh anak di luar sana, ketahuilah bahwa mom-shaming terjadi ketika ada seorang ibu mengkritik ibu lainnya.



Biasanya, kritikan ini terkait dengan metode persalinan yang dipilih, pengasuhan anak, soal menyusui, penggunaan susu formula, atau apapun yang berhubungan dengan anak.

Salah satu contoh mom-shaming adalah : "Kok cara gendong anak, kok gitu sih?!" "Orang tua macam apa sih, kok lihat anaknya nakal malah di diemin aja!!" Nah jika para ibu pernah mengalami hal seperti itu, itulah sebagian contoh mom-shaming.

Perilaku ini seolah menunjukkan dirinya lebih baik dan lebih hebat dalam hal mengasuh anak daripada ibu lainnya. Ibu yang di kritik pada umumnya pasti akan merasa malu, bersalah, hingga yang lebih parah bisa menjadikan ibu tidak percaya diri, dan tak layak menjadi seorang ibu. Cara menangani perilaku mom-shaming.

Pada dasarnya, semua ibu pasti sangat ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya, karena menjadi seorang ibu, sudah cukup sulit untuk menghindari kritikan dari ibu lainnya yang merasa dirinya lebih baik.

Nah beginilah cara mengatasi perilaku mom-shaming.

1. Kita harus menerima fakta bahwa menjadi seorang ibu tidak lepas dari yang namanya kritikan dari ibu lainnya, anggap saja itu adalah sebagai tantangan buat kita.

2. Tidak mempedulikan hal hal yang kiranya kita anggap tidak berguna, tidak usah kita pikirkan, dan kita sikapi saja dengan tidak usah di tanggapi segala cacian atau hinaan tersebut.

3. Memahami bahwa mom-shaming dapat membuat pelakunya merasa lebih baik, kita harus maklum, dan kita harus lebih sabar dalam menghadapi hal tersebut sehingga kita akan merasa biasa menghadapi mom-shaming. Yang terpenting kan kita tahu batas mana yang baik dan mana yang buruk, terlebih ke anak kita sendiri, jadi ya buat apa kita ambil pusing.

4. Kuat mental merupakan salah satu solusi yang dampaknya sangat baik buat kita sendiri, yaitu dengan cara sering bergaul dengan teman yang dirasa baik dan memberi manfaat untuk kita

 5. Lebih selektif, dengan cara menjauhi orang orang yang berperilaku mom-shaming, karena akan menambah masalah di pikiran kita, apalagi kalo mood kita sedang tidak baik.

Upaya Menghindari mom-shaming agar kita tidak menjadi pelakunya

1. Memulai tidak mengomentari orang lain terutama ibu lain.

2. Sering mengikuti kegiatan parenting soal anak, guna menambah wawasan kita.

3. Menjaga tutur kata kita dengan orang lain, karena apabila kita bisa menjaga tutur kata, maka orang lain juga akan segan untuk berkomentar tentang kita dan anak.

4. Berpikir positif, dan selalu berperilaku baik di lingkungan keluarga maupun teman Oleh karena itu, kita harus menjaga perilaku kita dimana kita berinteraksi ya moms, supaya kita bisa meminimalisir mom-shaming dan perkataan yang tidak diinginkan dari keluarga, maupun teman teman kita.

Mari bersama kita saling melindungi dan menghindari dari mom-shaming Nah, kemarin tepatnya pada tanggal 20 Desember 2019, yang berlokasi di Brood en Botter Jakarta Selatan pas banget saya mengikuti acara yang sangat bermanfaat, yaitu acara talkshow dengan tema "Bersama Melindungi" yang diselenggarakan oleh "Sleek Baby" dan HaiBunda.com.




Acara ini juga menghadirkan narasumber yang mempunyai pengalaman tentang mom-shaming. Kedua narasumber ini adalah Enno Lerian dan Marissa Nasution, dimana keduanya adalah seorang publik figur yang sering menerima kritikan dari netizen.


Bagaimana cara mengurus anak ala Enno Lerian? Eno Lerian sebagai bintang tamu yang juga sedang mengurus 4 anak, ia bercerita tentang mengurus anak pertamanya yang usianya sekarang sudah 16 tahun. Pengaruh sosial media sangat membantu untuk mengurus anak.

Cara menanggulangi komentar orang soal untuk menghindari komentar sekitar pada anak kita. intinya kita gak usah terlalu peduli atau mikirin apa kata orang soal anak kita, kan yang tau gimana anak kita ya kita sendiri, menurut Enno Lerian.

Produk apa yang digunakan? Pertanyaan ke 2 adalah tentang produk apa sih yang digunakan Enno Lerian untuk anak? Menurut Enno, yang pertama adalah jaman dulu beda banget sama jaman sekarang, dimana kalo dulu sosial media masih susah, jadi masih harus mencoba produk dengan cara pake feeling aja sih.

Nah kalo sekarang lebih gampang, karena jaman sudah canggih karena adanya sosial media yang sangat membantu seorang ibu untuk memilih produk buat anak.

 Seberapa jauh sih peran suami tentang produk baby? Bagaimanapun juga kita kan harus berbagi pilihan sama suami, kadang2 suami juga bilang, ya udah deh terserah kita aja, tapi tetep aja kan kita gak mungkin konsultasi sendiri, dan cari tau sendiri.

Jadi intinya kalo soal produk untuk anak, kita harus cocokkan ke anak juga ya moms, menurut Enno Lerian.



Bagaimana cerita Marissa Nasution tentang mengurus anak? Bunda Marissa Nasution yang kebetulan saat ini sedang hamil, juga menceritakan soal anaknya yang baru masuk sekolah nih moms.

Saat hamil pertama, Bunda Marissa lebih sering berbagi pada teman temannya tentang kehamilan, soalnya temen2 bunda pas banget waktu.

Apakah Bunda Marissa pernah mengalami moms shaming? Pernah kejadian di sosial media, Bunda Marissa menggapinya santai, soalnya moms shaming menurut ia adalah seperti bully.

Ia pernah juga untuk membalas komentar negatif di sosial media, karena dirasa mengganggunya, sehingga pelaku ini akan memikirkan ulang apabila ia membully ibu lain. Ia juga menambahkan tentang solusi agar kita terhindar dari mom-shaming, yaitu dengan cara berkumpul dengan teman yang positif.



Dari keterangan 2 narasumber tersebut, saya menyadari ternyata hampir semua ibu ibu pernah mengalami mom-shaming ya moms? Sekarang yang penting kita mulai dari diri kita sendiri untuk stop mom-shaming.

Nah dari keterangan diatas, adalah yang diharapkan oleh Sleek Baby dengan campaign "Bersama Melindungi" ini, agar para moms berhenti melakukan mom-shaming. Soal campaign "Bersama Melindungi" ternyata ini merupakan program terbaru dari Sleek Baby yang secara resmi akan di mulai pada tahun depan.



Ibu Lidwina Natalia selaku Brand Manager Sleek Baby juga memberikan steatment bahwa Sleek Baby sebagai brand yang melalui campaign ini mengajak melindungi bersama para moms.

Produk Sleek Baby Produk Sleek Baby antara lain adalah laundry detergent,Sleek Baby Pembersih Botol dengan 8 Proteksi, nah Sleek Baby pembersih Botol dengan Improve Formula, dilengkapi dengan 8 proteksi :
- Food Grade Natural
- Anti Bacterial
- Anti Irritation Tested
- Stain Removal Formula
- Hypo Allergenic
- Dermatologically Tested
- Microbiological Tested,
- Paraben Free


Dan accesories cleanser, hair and body liquid soap, diaper cream, dan juga paket travel kit yang berisi bermacam macam produk sleek agar moms bisa bepergian dengan nyaman. Semua produk ini bisa didapatkan di minimarket, supermarket, toko perlengkapan bayi , apotik, dan online marketplace.


Semoga shearing ini bermanfaat untuk para moms.

@HaiBunda
@sleekbaby_id

#SleekBaby #BersamaMelindungi #SleekBabyAlamiMelindungi #SleekBaby8Protection #1000HariPertama
#PerlengkapanBayi #ProdukBayi #BayiBaruLahir #PembersihBotol
#BersamaMelindungi

Komentar

  1. Aaku banget ini slalu di singgung tentang body shaming apalagi badan ku yang mungil selalu jadi bahasan orang-orang julid haha so qta harus tetap positve dalam tiap omongan orang juga ga boleh mudah baper ya haha

    BalasHapus
  2. Ibu2 emang rentan banget ya mom shaming gini.. Tanpa disadari mungkin kita prnah jadi korban atau sebaliknya..

    BalasHapus
  3. Memang lagi marak yah mba case mom shaming ini. Soalnya masih banyak ibu yang belum teredukasi soal ini 😭😭😭

    BalasHapus
  4. Mom shaming memang masih banyak terjadi. Salah satu cara untuk menguranginya adalah dimulai dari diri kita sendiri untuk tidak ikut arus. Tapi membuat arus baru dengan mengajak mommy lain untuk lebih pintar berucap.

    BalasHapus
  5. Iyah betapalah si Ibu bisa dilanda stress jika iya mendapat komentar2 Yang kurang mengenakkan. Sebaiknya saling Jaga mulut Dan perasayaan buk ibbuk 🤗

    BalasHapus
  6. Keren nih produknya sleek. Aku suka yang cuci botol

    BalasHapus
  7. bagus banget temanya mba..edukasi yg baik untuk ibu2 diluar sana

    BalasHapus
  8. Sleek bagus banget, aku selalu sedia karena kembar sangat cocok pakai sleek dan memang benar gak baik body shaming yach

    BalasHapus
  9. Keren banget campaignya. Mom shaming tuh memang di mana2 mulai dari keluarga dekat, teman, bahkan netijen yang bisa jadi ga .saling kenal ya. Mau aktif ikut ah campaign bersama Sleek ini. 💓😍

    BalasHapus
  10. sukaa banget deh sama sleek ini.. wangi dan irit..

    BalasHapus
  11. Bermanfaat bgt ini sharingnya... mom shaming emank sering bgt trjadi bhkn kdg dri circle terdekat kita

    BalasHapus
  12. Makasi sharingnya Ibu Andien. Bermanfaat banget. Semoga semakin banyak Orang yg sadar bahwa MomShaming sangat berdampak negatif bagi korbannya..

    BalasHapus
  13. Saya suka menganggap angin lalu saja kalo ada yang MomShaming ke saya.
    Belum tentu juga yang ngatain lebih baik dari saya.
    Intinya di ambil sisi baik dan di buang sisi yang kurang mengena di hati. Kalo saya gitu kak

    BalasHapus
  14. Bermanfaat banget kok mbak infonya. Karena saya memakai sleek disaat anak saya masih toodler

    BalasHapus
  15. Ya ampun makin menjadi jadi ya moms shaming
    Beruntung ada acara bareng sleek baby seperti ini
    Kaum Ibu bisa saling menguatkan

    BalasHapus
  16. wah bagus banget acara sharingnya, bener deh moms shaming itu nyebelin. kalo mau ngatain tuh ngaca dulu gitu ya, emang yakin udah lebih baik dari yang dikatain, heu. kok aku jadi ngegas wkwkwk. makasih bun sharingnya, bagus banget acaranya!

    BalasHapus
  17. Keren sih ini eventnya dan topiknya mba, karena momshaming itu sering banget terjadi di sekitar kita. Instead of doing mom shaming, lebih baik bantuin si ibu tersebut. Misal di mall ada ibu dengan 3 anak, yang satunya tantrum, gak perlu lah komentar atau judging, karena kita juga ga paham persis kan apa yang dialamin mereka.

    BalasHapus
  18. Kalau saya suka diledekin temen2, gegara kebiasaan manggil 'sayang' sama anak2 sejak kecil sampe sekarang dah pada bujang masih dipertahankan. Itu mom's shaming juga bukan, sih? Saya sih cuek aja, malah suka makin sengajain boros kata sayangnya. Hahaha...

    BalasHapus
  19. Astaghfirullah, mungkin tanpa kita sadar, kita sering melakukan mom-shaming ini ya. Meskipun maksudnya baik, tapi belum tentu semua orang bisa menerima.

    BalasHapus
  20. Iya memang. Komentar-komentar negatif seperti ini yang kadang bikin baper. Harus banyak jam terbang biar bisa kebal terhadap komentar nyinyir. Yang paling penting sih dukungan keluarga. Jadi bisa tegar ngadepin orang yang suka komen usil

    BalasHapus
  21. Beneer, Sleek ini melindungi anakku juga dari bayi hingga balita sekarang :D suka deh sama sleek ini, terjamin bagus untuk para ibu yang punya newborn baby

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mempersiapkan Kebutuhan Si Kecil Sejak Lahir

Cara Tepat Memilih Pelembut Pakaian Keluarga

Pentingnya Multivitamin Untuk Anak